Yuk Kenali Lebih Jauh Soal Fitur Eco Mode Dan Eco Lamp Pada Toyota

Yuk Kenali Lebih Jauh Soal Fitur Eco Mode Dan Eco Lamp Pada Toyota

arinatoyota.com on Juni 12 ,2016

Mobil-mobil berkelas premium Toyota seperti Camry dan Kijang Innova kini sudah dilengkapi dengan salah satu fitur penunjang efisiensi kendaraan.Fitur tersebut adalah eco mode yang bisa diaktifkan ketika pengendara ingin meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan.

Cara kerja teknologi ini adalah dengan mengaktifkan tombol eco-mode yang sudah disediakan pada bagian dashboard.

Setelah diaktifkan secara manual, akselerasi kendaraan Anda akan mulai menyesuaikan dengan perpindahan gigi pada putaran mesin yang lebih rendah.

“Prinsip kerja dari Eco Mode secara umum adalah memastikan perpindahan gigi (upshift dan downshift) di putaran mesin yang ideal sehingga bahan bakar dapat lebih efisien,” jelas Adi Widiyanggodo, Service Manager Auto 2000 Puri Kembangan.

Fitur lainnya yang juga diberikan produsen otomotif untuk menunjang eco-drive ini adalah eco lamp.

Fitur ini merupakan sebuah lampu indikator yang sudah terintegrasi dengan panel speedometer atau MID (Multiple Indicator Display).

Eco Lamp ini akan menyala jika pedal gas ditekan dengan akselerasi yang lembut atau putaran mesin tidak terlalu tinggi serta konstan.

Sama halnya ketika melakukan perpindahan gigi dengan kondisi rpm yang tidak terlalu tinggi.

Jika fitur ini tetap menyala, maka konsumsi bahan bakar akan tetap irit.

Anda bisa mempertahankan agar lampu ini tetap menyala dengan tidak melakukan akselerasi yang mendadak.

Selain itu, deselerasi atau mengangkat kaki dari pedal gas secara perlahan juga akan membantu eco lamp untuk tetap menyala.

“Deselerasi secara perlahan dapat menjaga Eco Lamp tetap menyala. Kemudian setelah melakukan deselarasi upayakan jangan melakukan akselerasi secara mendadak atau menekan pedal gas sejadinya,” lanjut Angga, selaku Foreman Auto 2000 Puri Kembangan, Jakbar.

Mobil-mobil Toyota yang telah menggunakan fitur ini adalah Toyota Corolla dan Toyota Altis.

Have your say