Toyota Kijang Innova dan Fortuner Diesel Tak Takut Minum B20

20160126-Produksi-Kijang-Inova-serta-Fortuner-Jakarta-IA

Arinatoyota.com, 30 Agustus 2018 – Rencana pemerintah menerapkan mandatori campuran biodiesel sebanyak 20 persen (B20) pada September 2018 mendatang rupanya disambut hangat PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku pabrikan mobil Toyota di Indonesia.

Toyota mengklaim, dua line-up andalanya yaitu Kijang Innova dan Fortuner versi diesel, telah dilakukan serangkaian pegujian tes bahan bakar biodiesel 20, dan hasilnnya tak ada dampak penurunan kinerja mesin.

Menurut Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azam, serangkaian pengujian yang dilakukan bersama PT (Persero) B20 serta melalui test drive sepanjang 100 ribu kilometer.

“Hasil uji coba yang kami lakukan sejak 2015 tidak menemukan masalah pada penggunaan bahan bakar B20,” ujar Bob disela acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, di ICE, BSD, di Tangerang, Banten.

Karena itu, Bob menyatakan, agar konsumen Toyota Kijang Innova dan Fortuner diesel tidak perlu khawatir bahwa mobil yang digunakan bahan bakar B20.

Selain itu Bob juga menuturkan, bahwa seluruh mobil dengan mesin diesel yang diproduksi di TMMIN Plant, kinerjanya tetap andal dan aman saat mengkonsumsi B20.

Soal perawatan mesin, dia menyatakan, tidak ada masalah. Sebaliknya, perawatannya tetap sama dengan mesin diesel yang menggunakan bahan bakar konvensional atau solar. Begitu juga dengan tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar.

Have your say