Toyota Avanza Rebut Kembali Takhta LMPV

Toyota Avanza

arinatoyota.com, 25 Nov 2018 – Sejak kehadiran Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza seperti kehilangan pesona. Pasalnya, angka penjualan LMPV sejuta umat itu selalu kalah dari rivalnya. Namun, mobil kembaran Daihatsu Xenia itu kini kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Toyota Avanza secara wholesale (dari pabrik ke dealer) pada Oktober 2018 lalu mencapai 9.358 unit. Angka tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah sebulan sebelumnya, September hanya mencatat distribusi sebanyak 6.151 unit.

Dengan demikian, pesaing beratnya, Mitsubishi Xpander harus puas berada di posisi kedua dalam deretan mobil terlaris di Indonesia. Berdasarkan sumber yang sama, angka distribusi mobil MPV ini selama bulan Oktober 2018 kemarin mencapai 5.408 unit.

Capaian tersebut menunjukkan penurunan yang cukup signifikan, nyaris 1.000 unit. Pasalnya, pada September 2018, angka penjualan secara wholesaleMitsubishi Xpander bisa mencapai 6.276 unit dan mengalahkan Toyota Avanza.

Padahal, selama 3 bulan ke belakang, Mitsubishi Xpander belum pernah sekalipun takluk dari Toyota Avanza. Pada Agustus 2018, angka penjualan Mitsubishi Xpander bisa mencapai 6.923 unit, sedangkan Toyota Avanza hanya 6.210 unit.

Salah satunya seperti yang diunggah Risky Fauzi Satria Purnama dalam akun Instagram-nya @riskyfauzisp. Saking berubahnya, tak sedikit yang beranggapan desainnya tersebut merupakan Avanza model terbaru.

Usut punya usut, desain Risky tersebut merupakan bagian dari lomba yang digelar salah satu main dealer Toyota untuk kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Hal itupun dibenarkan langsung Marketing Communication and Customer Relation Dept Head Nasmoco Group Hari Setyawan.

Kata Hari, lomba desain ini merupakn kelanjutan dari Avanzanation 2018 Digital Festival Week yang digelar beberapa waktu lalu.

“Karena payung kita di Avanzanation 2018 kami buat di Avanza, maka silahkan meng-createAvanza seperti apa. Ada desain elegen, sporty, offroad atau apapun.

Menurut Toyota, lomba mendesain Avanza yang berlangsung sejak 25 Agustus-25 Oktober 2018 terdiri dari empat tema utama yaitu Life Style, Decal (Graphic Body Design), Extrem, dan Best 7 (seven) Seater Dream Car.

Have your say