Pentingnya Anti-Lock Braking System (ABS) Pada Mobil

Pentingnya Anti-Lock Braking System (ABS) Pada Mobil

arinatoyota on Maret 09 ,2016

Sistem  pengereman pada kendaraan Anda merupakan salah satu sistem yang penting karena tanpa adanya sistem ini, kendaraan tidak akan bisa dikendalikan.

Saat ini sudah banyak teknologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem pengereman mobil, salah satunya adalah Anti-lock Braking System atau disingkat dengan ABS.

Sistem ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya efek mengunci pada perangkat rem ketika menginjak pedal secara mendadak.

Dengan adanya ABS ini, mobil bisa terhindar dari kemungkinan selip karena efek gaya dorong kendaraan yang menjauhi titik pusat (sentrifugal).

ABS akan langsung bekerja pada saat mobil mengalami pengereman keras yang mengakibatkan salah satu bagian atau roda berhenti secara sementara mobil masih melaju.

Hal inilah yang kemudian membuat mobil jadi tak terkendali sama sekali yang tentunya bisa sangat berbahaya terlebih lagi jika jalan cukup licin.

Cara kerja ABS ini menggunakan sensor yang akan secara langsung memberikan input atau kontrol, kapan roda harus berhenti dan kapan roda harus berputar.

Sehingga, ketika kendaraan Anda melakukan pengereman, roda tidak akan terkunci dan masih bisa dikendalikan.

Proses ini sendiri sebenarnya berlangsung dalam waktu yang sangat singkat, yakni mencapai 15 kali/detik.

Efek dari penggunaan ABS ini adalah mobil tetap bisa dikendalikan dan jarak pengereman pun semakin efektif dan bisa mengurangi tingkat kecelakaan karena selip.

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970 ketika dua produsen kendaraan berkolaborasi di tahun tersebut.

ABS sendiri awalnya bernama anti-block system dan diciptakan oleh Hans Scherenberg di Stuttgart, Jerman.

Have your say