Mesin Sienta dengan Avanza, Apa yang Berbeda dari Keduanya ?

Mesin Sienta dengan Avanza, Apa yang Berbeda dari Keduanya ?

arinatoyota on Mei 07 ,2016

Debut Toyota Seinta telah dimulai pada ajang debut di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Kamis (7/4/2016).Hadir melengkapi barisan produk MPV Toyota, tak heran jika sebagian orang membandingkannya dengan produk di barisan yang sama yaitu Toyota Avanza. Lalu apa beda mesin Toyota Avanza dan Sienta ya? Berikut ini ulasannya

Diproduksi di pabrik Toyota di Karawang, Sienta menggunakan mesin 4-silinder 1.497cc, DOHC, Dual VVT-i  berkode 2NR-FE.

Untuk Sienta Indonesia, mesin 2NR-FEmemiliki spesifikasi “F” yang berarti penggunaan dua camshaft atau DOHC (dual overhead camshaft) dan “E” berarti Electronic Fuel Injection (EFI).

Tenaga yang dapat dikeluarkan Sienta Indonesia adalah 105 tk dan torsi 140 Nm. Pada pilihan transmisi, Sienta Indonesia miliki CVT dan manual 6-percepatan.

Sedangkan untuk Grand New Avanza mesinnya memakai 4-silinder, 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE.Mesin Toyota Avanza tersebutmasih pakaibesi baja biasa, bukan aluminimum seperti milik Sienta.

“Nah spesial yang Avanza (2NR-VE) itu kan pengganti yang dulu 1.5L 3SZ-VE. Daihatsu yang menamainya begitu,” kata Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan.

Kondisi mesin Sienta untuk Indonesia dan grand new Avanza sudah diteliti oleh Iwan, Ia berikan kesimpulan bahwa blok mesin sama tapi bisa dipastikan komposisi komponennya berbeda, misalnya posisi saringan oli, altenator, dan koil.

Yang berbeda di sini adalah desiannya namun prnsip kerjanya serupa. Selain itu mesin Sienta menghadap ke depan sebab memiliki penggerak roda depan, sebaliknya Avanza menghadap ke belakang karena yang digerakan mesin adalah roda belakang.

Toyota Sienta dan Toyota Avanza miliki kekuatan dan kelebihannya masing – masing, selanjutnya tinggal anda yang menentukan mau pilih yang mana.

Have your say