Mengenal Makna Turbocharger Pada Toyota Fortuner

ctn_D0E8B32D5BAD79AD289824B7602DE843

Mengenal Makna Turbocharger Pada Toyota Fortuner

arinatoyota.com on September 06 ,2016

Sebagai pengguna atau pecinta otomotif Anda tentunya sudah pernah mendengar Turbocharger.
Akan tetapi, banyak yang belum paham mengenai cara kerja benda yang memang sering disebut keong ini.

Turbocharger merupakan mesin khusus dengan bentuk seperti rumah keong. Untuk mengkonversikan energi panas serta tekanan gas buang dari hasil pembakaran. Konversi inilah yang kemudian dijadikan energi mekanis putar poros yang nantinya dipergunakan untuk mengkompresi udara masuk dari intake manifold.

Turbocharger sendiri memiliki fungsi untuk meningkatkan tenaga pada sebuah mesin berkapasitas cc kecil sehingga bisa menghasilkan tenaga lebih besar. Turbo juga bisa menghemat bahan bakar karena sisa pembakaran akan dimampatkan dan dikembalikan ke ruang bakar.

Selain itu, dengan menggunakan teknologi ini, mobil bisa menjadi ramah lingkungan karena pasokan udara ke dalam mesin menjadi melimpah. Hal inilah yang membuat proses pembakaran jadi semakin sempurna.

Mobil Toyota yang menggunakan turbcharger harus diperhatikan perawatannya supaya tidak mudah rusak. Sedangkan untuk meminimalisir kerusakan, Anda bisa memanfaatkan sebuah alat yang diberi nama Turbo Timer.

Nah, itulah tadi cara kerja dan juga fungsi turbocharger. Teknologi yang semakin canggih kini membuat mobil-mobil modern Toyota semakin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Mobil Toyota yang menggunakan turbocharger adalah Toyota Fortuner.

Mobil ini memiliki mesin 2.494 cc 4-silinder common-rail, akan tetapi kemampuan Toyota Fortuner VNTurbo bisa baik hingga 42 dk dan 85 Nm. Dengan bentuknya yang lebih besar, tampilan Toyota Fortuner jadi semakin gagah.

Have your say