Ketahui Cara Kerja Rem ABS Mobil Toyota Yang Sesungguhnya

ctn_2FDBEB8F5AB59750852CDCA2A5584190

Ketahui Cara Kerja Rem ABS Mobil Toyota Yang Sesungguhnya

arinatoyota.com on Agustus 30 ,2016

Teknologi dalam dunia otomotif memang tiada habisnya untuk selalu dikembangkan dan diperbaiki.

Tak heran jika mobil-mobil modern kini tampil lebih maksimal dengan fitur canggih di dalamnya. Hingga saat ini, teknologi rem pada kendaraan pun masih terus dikembangkan untuk mempermudah pengemudi dalam mengoperasikan nya. Selain itu, teknologi yang ada juga diusahakan untuk membuat pengemudi tetap konsentrasi penuh untuk menghindari dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Sistem Rem Anti Terkunci atau yang di kenal dengan Anti-lock Braking System (ABS) adalah sistem pengereman untuk menghentikan penguncian roda ketika terjadi pengeraman keras. Sistem ini di adopsi dari teknologi pesawat terbang. Lalu, bagaimana cara kerja dari ABS ini?

Pada kendaraan yang menggunakan sistem ABS, setiap rodanya akan menggunakan sensor dan pulser untuk dikontrol oleh komputer ABS (control module). Selain itu, perangkat rem pada setiap roda juga dikontrol menggunakan komputer ABS. Saat terjadi pengereman, ban akan terdeteksi tidak berputar atau selip, untuk itu komputer akan membuat perangkat pada ban tersebut membuka sehingga ban bisa kembali berputar untuk mendapatkan grip dan proses rem pun dilanjutkan.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Rem ABS adalah bisa membantu kendaraan untuk dapat menghindari dari kecelakaan saat melakukan pengereman mendadak karena roda tidak akan terkunci. Rem ABS ini juga digunakan oleh beberapa produk Toyota unggulan.

Have your say