Dua Fitur Penjaga Stabilitas Mobil Saat Menikung, Apa Saja?

Ilustrasi Electronic Stability Controlarinatoyota.com, 14 November 2018 – Sederet fitur canggih disematkan di kendaraan untuk memastikan penggunanya merasa nyaman dan aman. Seperti Electronic Stability Control dan Traction Control. Teknologi yang dibuat untuk meningkatkan keselamatan berkendara ini menjaga mobil tetap stabil saat menikung, terlebih saat kondisi jalan licin.

Dikutip dari news.hyundaimobil, Electronic Stability Control berfungsi untuk menjaga pengendalian dan kestabilan mobil ketika melintasi medan-medan sulit. Sistem pintar ini akan mendeteksi ketika mobil kehilangan kontrol.

Fitur yang satu ini mampu menjaga kestabilan mobil saat melintasi medan-medan yang sulit, seperti jalanan berkelok atau tikungan tajam. Cara kerja dari ESC adalah memanfaatkan salah satu rem yang ada di setiap roda. Dengan begitu, mobil akan punya kendali yang presisi dan terlepas dari gejala understeerataupun oversteer.

Sedangkan Traction Control merupakan fitur yang akan membantu pengemudi dalam melakukan akselerasi di jalanan yang licin, di saat arah mobil sulit dikendalikan akibat selip.

Nah, fitur ini bekerja dengan memanfaatkan sensor yang mendeteksi kecepatan putaran roda. Sensor akan mengatur torsi agar roda mobil tidak slip ketika berakselerasi.

Have your say